Honda Mobilio Vs Chevrolet Spin Ini Komparansinya!

Komparansi Honda Mobilio Vs Chevrolet Spin dari sales perspektif bagi konsumen yang sedang membandingkan kedua Low MPV dari brand yang berbeda. Pasar multi purpose vehicle di kelas Low-end yang terus menanjak beberapa waktu belakangan, memicu persaingan sengit antar produsen. Berbagai komparansi pun dirilis untuk kepentingan brand image. Begitu juga yang sedang dilakoni oleh Honda dan Chevrolet. Dua produsen ini rupanya tidak mau melewatkan kesempatan memanfaatkan pangsa pasar yang merangkak naik dengan pasti. Masing-masing mengklaim bahwa produknya merupakan hasil karya lokal karena melibatkan beberapa insinyur dan memanfaatkan sumber daya yang ada di Indonesia.

mobilio vs spin images

Sah-sah saja jika kita membandingkan suatu produk dengan lainnya untuk menarik perhatian dan memperkenalkan produk kepada publik. Salah satu tujuan komparansi yakni menumpang atau mendompleng nama besar produk sekelas yang sudah lebih dulu dikenal di pasaran. Dengan membandingkan produk baru dengan produk lawas yang telah teruji kualitas dan performanya, konsumen jadi tahu bahwa ada alternatif lain yang sebenarnya tidak kalah bagus. Produsen pun memperoleh feedback berupa brand image yang semakin tersebar luas.

Tapi kali ini, Honda dan Chevrolet terbilang pendatang baru untuk segmen pasar multi purpose vehicle di kelas Low-end. Oleh karenanya, perbandingan Honda Mobilio Vs Chevrolet Spin menjadi sangat menarik untuk disimak. Perang dan pertaruhan nama besar sudah pasti jadi esensi dari pertarungan tersebut. Baik Honda Mobilio maupun Chevrolet Spin merupakan konsep dan produk yang dikembangkan mulai dari nol.

Mesin dan Performa

Kedua produsen di balik pertarungan Honda Mobilio Vs Chevrolet Spin, sama-sama memiliki track record yang baik dalam mengembangkan sebuah konsep kendaraan. Dua andalannya dibangun dari titik nol. Artinya, penelitian dan pengembangan didasarkan pada kebutuhan serta selera pasar. Tidak berbeda dengan Mobilio, Chevrolet memberi klain pada Spin sebagai produk asli Indonesia, melalui tagline The All New Chevrolet Spin, Built for Indonesia by Indonesian.

Dibekali mesin diesel turbo injeksi commonrail 4 Cyl Inline berkapasitas 1.300 cc yang mampu menghasilkan torsi terbesar 190 Nm dan tenaga maksimal 75 Hp, Spin mampu menghasilkan performa yang mumpuni. Chevrolet juga memberikan pilihan kapasitas mesin Spin yakni 1.200 cc, 1.300 cc, dan 1.500 cc. Dilengkapi jenis transmisi AT 6-Speed dan MT 5-speed, Spin dijamin memberikan sensasi berkendara yang mumpuni serta suara mesin yang sangat hening.

Di sisi lain, Honda Mobilio menggunakan mesin berteknologi SOHC 4 Silinder, 16 valve i-VTEC, PGM-FI, yang berkapasitas 1.500 cc. Produsennya meluncurkan 3 Varian Mobilio ke pasaran, yang terdiri dari S MT, E MT, dan E CVT. Pilihan transmisi manual dan otomatis plus sistem keselamatan level atas milik Honda, menyajikan kualitas berkendara yang mengungguli semua kompetitornya. Honda Prospect Motor bahkan berani sesumbar jika kualitas mesin dan performa berkendara Mobilio berada di atas pemain lawas kelas LMPV.

Mesin yang bertenaga menjadi keunggulan Mobilio yang belum bisa ditandingi semua kompetitor sekelas. Tenaga maksimum sebesar 118 Ps yang dicapai pada kisaran 6.600 rpm, jauh lebih besar dibandingkan Spin yang hanya menghasilkan tenaga 109 Ps di putaran mesin 6.000 rpm . Untuk ukuran MPV Low-end, tenaga sebesar 118 Ps sudah sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Persamaan kualitas berkendara Spin dan Mobilio didukung oleh sistem penggerak roda yang disematkan oleh produsen. Konsep Front Wheel Drive atau penggerak roda depan yang dianut oleh keduanya, membawa benchmark baru di kelas LMPV. Begitu juga dengan salah satu kompetitor, yang juga pendatang baru di kelas ini, Suzuki Ertiga. Handling sempuran dan tenaga yang konsisten di setiap tingkat percepatan dapat Anda temukan dalam ketiga produk tersebut.

Desain Eksterior

Penampilan Mobilio terlihat lebih aerodinamis dibandingkan Spin. Masing-masing mengadopsi desain SUV yang dipadukan dengan dimensi sebuah MPV. Mobilio lebih panjang dan terlihat kompak dibandingkan Spin yang lebar serta berkesan full size. Dengan kata lain, jika Anda ingin memiliki MPV dengan sensasi berkendara SUV, maka Mobilio pilihan yang tepat. Sebaliknya, pilihlah Spin untuk menemukan MPV dalam Anda dalam sosok sebuah SIV.

Ground Clereance pada Mobilio sebesar 18,9 cm sedangkan Spin hanya 15,7 cm. Jadi dari aspek keamanan berkendara saat melalui genangan air atau jalan bermedan berat dan bebatuan, Mobilio masih unggul di atas Chevrolet Spin. Begitu juga dengan perbandingan jarak wheelbase dan jarak pijak roda depan-belakang. Meski lebih ramping dan memanjang ke belakang, soal handling Mobilio bisa disetarakan dengan Spin yang jarak pijak roda, baik depan maupun belakang lebih dari 1,5 meter.

Keduanya mengedepankan konsep SUV yang banyak diminati konsumen saat ini, baik Spin maupun Mobilio menampilkan sosok yang enak dipandang. Namun jika dicermati lebih jauh, desain Honda Mobilio sedikit unggul dalam hal stylish design yang memakai konsep hatchback.

Tidak seperti komparansi Mobilio yang disandingkan dengan pemain lawas di kelas yang sama, pertarungan seru Honda dan Chevrolet benar-benar menunjukkan adu kualitas setara. Penilaian paling fair hanya akan Anda dapatkan, ketika langsung duduk di balik kemudi dan mengendarai kedua mobil ini.

Desain Interior

Tidak hanya menarik dalam komparansi performa berkendara dan aspek eksterior keduanya, membandingkan interior Mobilio dan Spin juga dijamin bakal menyita perhatian Anda. Sebagai pendatang baru di kelas LMPV, kedua produsen berupaya semaksimal mungkin, menyajikan tingkat kenyamanan tinggi. Berbagai fitur canggih, fungsional, dan mudah dioperasikan menjadi penentu daya tarik dalam kabin kedua mobil keluarga tersebut.

Baik Mobilio maupun Spin, sudah mempunyai karakter kabin sebuah multi purpose vehicle yang nyaman, lega, dan berdaya muat besar. Anda keluarga Indonesia, tidak perlu kuatir dengan penyimpanan barang bawaan, meski dimensi keduanya berbeda, volume atau daya muat hampir setara.

Ada yang menarik saat membahas tingkat kenyamanan dalam interior masing-masingnya. Di satu sisi, Chevrolet mengklaim bahwa tidak ada yang sulit, saat berkendara bersama Spin. Konfigurasi kursi baris kedua yang dapat dilipat 60 – 40 dan baris ketiga bisa dilipat sepenuhnya menyediakan ruang ekstra untuk barang bawaan. Mekanisme ini, tidak saja menambah daya muat, tetapi juga memudahkan masuk – keluar penumpang.

Honda sendiri sudah jauh-jauh hari menginformasikan keunggulan Mobilio dalam hal daya muat dan kenyamanan yang memanjakan. Anda dijamin akan menikmati perjalanan dengan duduk di atas jok lembut, kabin lega, dan dimanjakan sajian Audio berteknologi tinggi. Desain dashboard Mobilio, terlihat menawan dan dilengkapi fitur meter cluster, head unit 2DIN, steering wheel with control switched, dan AC Blower.

Leg Room dan posisi sandaran ideal tersedia di baris kedua agar penumpang bisa mendapat kenyaman ekstra. Untuk melengkapinya, double blower di plafond kabin akan mengalirkan udara sejuk yang terasa sampai baris ketiga. Kelebihan dalam dimensi yaitu 30 cm lebih panjang dibandingkan kompetitor membuat daya muat bagasi Mobilio jadi yang terbesar di kelasnya. Soal harga, Anda perlu mencermati komparansi Honda Mobilio Vs Chevrolet Spin yang telah Kami sajikan. Objektivitas dalam review secara pribadi harus diprioritaskan agar memperoleh keputusan yang ideal dalam memilih LMPV kesayangan Anda.

About Rommy

Rommy adalah salah satu staff marketing yang hingga kini bekerja pada dealer mobil Honda Pondok Indah, Jakarta Selatan - PT Istana Kebayoran Raya Motor. Rommy dapat dihubungi di 0812 1215 9889

3 comments

  1. dari sisi exterior, mobilio mungkin lebih unggul, bentuk cakep dan lebih aerodinamis, tapi ini masalah selera saja..

    dari sisi interior, secara objective mobilio kalah telak, kabin terkesan biasa saja dan tidak ada kesan mewah sama sekali. tapi kembali lagi, cuma masalah selera saja.

    dari sisi tenaga dan performa mesin saya tidak tau..

  2. Saya memakai honda jazz IDSI tahun 2005 selama kl 5 tahunan, handling mantab, sayang kalau di ajak ngebut di tol terutama di saat menikung agak tajam, body mobil juga ikut menikung mengikuti gaya berat mobil sehingga agak was-was. Tetapi pas ganti mobil dengan chevy spin ngebut diatas 100 km/jam dan menikung ternyata anteng2 saja alias nyaris tanpa body roll. Itu pengalaman saya memakai chevy.

  3. jadi pilihan yg pas mobilio or spin?saya sering luar kota Surabaya malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>